KBM APP |||APLIKASI POPULER UNTUK PARA PENULIS

TENTANG APLIKASI KBM, KEUNTUNGAN DAN PENGALAMAN


Assalamualaikum, 
Halo semuanya, selamat datang kembali di Blogger ini. Kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya selama menggunakan aplikasi KBM. Tapi sebelumnya kalian pasti sudah tahu kan apa itu KBM APP?

Belum? Tidak pernah dengar?
Ohh baiklah, kalau begitu mari saya jelaskan sedikit mengenai aplikasi populer ini. Jadi tunggu apa lagi? Langsung sajaaa.. Cuuusss


APA ITU KBM APP?

KBM APP atau yang lebih mudahnya aplikasi KBM adalah sebuah aplikasi karya anak bangsa yang dibuat untuk menyalurkan ekspresi dan cerita melalui tulisan. Tempat untuk berkarya dan mengasah bakat kepenulisan bagi setiap orang.

Jadi bagian pentingnya, KBM adalah aplikasi literasi Indonesia. 

Sudah begitu banyak para penulis yang menggunakan aplikasi ini. Selain mempermudah mereka dengan segala persyaratan yang berlaku, juga setiap penulis mendapat royalti yang tidaklah sedikit harganya. 

Beberapa penulis telah beruntung dengan karya mereka masing-masing. Tidak hanya mendapat royalti berupa uang, namun mereka bisa menjual novel yang sudah tamat dalam bentuk e-book. 

Itu adalah beberapa penulis yang sudah menghasilkan nilai dari karya-karya keren mereka. Banyak bukan? Tergiur? Pastinya dong!!! 

Itu baru keuntungan mereka dari pembaca setia novel, belum lagi jika mereka menjualnya dalam bentuk e-book. 

Gimana? Sudah tertarik untuk menggunakan KBM?? 


KEUNTUNGAN KBM APP

Dari pembahasan tadi kita sudah tahu jika KBM banyak memiliki keuntungannya. Berikut beberapa keuntungan menurut saya, jika ada yang kurang kalian bisa tambahkan lagi. 

1. Mempermudah para penulis dalam menyalurkan karyanya 

2. Aplikasi ini tidak terlalu memberatkan para penulis dengan segala persyaratan yang berlaku. Jadi setiap orang bisa bebas menampilkan karyanya disana. 

3.akan ada royalti sebagai apresiasi untuk setiap karya. Caranya, kalian hanya perlu mengajukan permohonan untuk bab berbayar jika novel kalian sudah mencapai minimal 8 bab. Masa akumulasinya hanya sekitar satu menit saja. Jadi setelah selesai, bab kalian akan langsung terkunci otomatis. 

4.jika novel kalian sudah tamat, kalian juga bisa mengajukan agar novel di jadikan e-book. 

5. Selama menulis, kalian tidak perlu takut tulisan akan ditolak dan gagal ditampilkan. karena memang seperti tadi kita bahas, tidak ada syarat yang memberatkan untuk setiap orang. Baik kata atau tulisan tidak masalah bagaimana cara kalian menuliskan. Tapi saran saya, pastikan ejaan tulisan kamu benar agar dapat memberi kesan terbaik untuk kita sendiri dan  para pembaca. 

Itulah keuntungan aplikasi KBM yang saya ketahui. Kalau bagi teman-teman yang lain, apa lagi keuntungan yang didapatkan dari aplikasi literasi ini? 


PENGALAMAN SELAMA MENGGUNAKAN KBM APP 


Nah... Mungkin ini yang paling di tunggu-tunggu. Pengalaman saya sendiri selama menggunakan aplikasi KBM. Penasaran?? Lanjuuuttt... 


Jujur, saya dulunya sudah tahu mengenai aplikasi ini. Sekitar tahun 2018-2020, saya dulunya punya akun Facebook dengan nama X. Waktu itu saya menggunakan aplikasi itu hanya untuk upload kata-kata mutiara atau yang kerennya Quotes lah... 


Jadi, pada suatu saat, saya iseng-iseng untuk mencari cerita-cerita pendek sebagai bacaan sebelum tidur. Nah kebetulan sekali saya menemukan satu akun yang memposting suatu bacaan, kalau gak salah cerbung sih waktu itu, bukan cerpen. Merasa senang, langsung saja saya membaca dan menyimpan cerita itu di akun X. 

Setelah selesai membaca, saya baru menyadari jika akun tersebut nge-tag satu grup degan nama "KOMUNITAS BISA MENULIS". Dengan jiwa penasaran yang meronta-ronta, akhirnya masuklah di grup KBM. Waktu itu belum gabung ceritanya. 

Nah... Begitu kisah singkat saya menjadi pembaca gelap grup KBM Facebook selama lebih dari tiga tahun. Hehehhehe


Heeemmmm.. Oke kembali ke pembahasan awal. 


Awal menggunakan aplikasi KBM juga tidak lepas dari rasa penasaran saya yang luar biasa. Setelah beberapa waktu lalu menggunakan aplikasi yang sejenis, namun harus stuck di tengah jalan karena bimbang antara melanjutkan atau berhenti lantaran persyaratan yang terlalu membebani saya sendiri. 

Saya sudah menggunakan aplikasi ini selama lebih dari dua bulan. Sejak bulan mei kemarin sampai juli. Awal mula saya membuat akun KBM APP, saya tidak ingin terburu-buru untuk menampilkan karya di sana. Yang saya lakukan adalah mencari tahu dulu tentang aplikasinya juga dan yang paling penting adalah sistem jual pasar KBM sendiri. Setelah beberapa waktu, akhirnya saya memilih mengupload juga karya pertama di sana. 

Ini adalah karya saya yang pertama. Bisa dibilang begitu. Temanya tentang rumah tangga, kenapa memilih tema rumah tangga?? ya karena memang pasar KBM sendiri adalah novel dengan tema yang sama. Karena di sana pembelinya mayoritas emak-emak... Heheh 

Keuntungan yang saya rasakan sendiri yaitu ketika memposting naskah. Tidak ribet dan tidak perlu menunggu lama hanya untuk di revisi oleh pihak perusahaan. Karena setelah menekan tombol "posting", bab dari novel kita akan langsung ditampilkan dalam sekejap. Jadi pembaca tidak perlu menunggu lama hanya untuk membaca lanjutan dari novel favorit mereka. 


Mengenai royalti, saya belum mendapatkannya. Karena novel ini masih dalam tahap lanjutan dan baru mencapai 3 bab. Semoga suatu saat nanti saya juga bisa menjadi seperti penulis-penulis lainnya yang telah berhasil dalam berkarya.... Aamiin


Nah, itu dia pengalaman saya menggunakan aplikasi KBM. Jadi tunggu apalagi?? 

Ayo para penulis hidupkan dunia literasi bangsa bersama-sama!!!! 






Sekian terima kasih
Salam cinta Dee Azzah. 




Comments

Popular posts from this blog

PUISI SURAT UNTUK NEGERI